SEARCH HERE

13 February 2011

Tentang Gmail


7:44:00 PM |

Gmail merupakan penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004.


Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak. Dengan kapasitas penyimpanan sebesar ini, Anda tidak perlu menghapus email lama Anda. Bahkan Anda dapat menyimpan mp3 disini. Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.

Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.

Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

Berikut ini cara membuat akun baru di Gmail. Anda cukup meluangkan waktu Anda 5 menit dengan mengikuti panduan dibawah ini:

Langkah pertama, ketikan http://gmail.com pada address browser Anda atau klik disini. Lihat bagian sebelah kanan. Klik tulisan “Sign up for Gmail” untuk membuat email baru.

Langkah kedua adalah mengisi formulir pendaftaran email baru. Berikut adalah keterangan dari bagian yang perlu Anda isi:
  • First Name: Isikan dengan nama depan Anda
  • Last Name: Isikan dengan nama belakang Anda
  • Desired Login Name: Isikan dengan nama email yang Anda mau. Misalkan saya mendaftar dengan nama.saya, maka akun email baru saya adalah nama.saya@gmail.com. Nama email harus unik, maka Anda harus memeriksa apakah nama email yang Anda inginkan sudah dipakai oleh orang lain atau belum. Jadi setelah Anda mengetikan nama email yang Anda inginkan, tekan tombol “check availibility!”. Jika ternyata Gmail menyatakan bahwa nama email Anda “unavailable”, berarti nama email ini sudah digunakan oleh orang lain. Anda harus mengganti ke nama email lain. Anda dapat meneruskan bila nama email Anda belum pernah digunakan oleh orang lain (available).
  • Choose a password: Masukan password untuk login ke email Anda. Minimal 8 huruf atau angka.
  • Re-enter password: Ulangi password Anda disini untuk mencegah kesalahan ketik.
  • Remember Me on this computer: Merupakan layanan untuk login secara otomatis. Jangan dicentang apabila Anda sedang berada di warnet.
  • Enable Web History: Merupakan layanan untuk login secara otomatis juga, namun fungsinya lebih ke hasil searching di Google. Jangan dicentang apabila Anda sedang berada di warnet.
  • Security Question: Adalah pertanyaan yang akan ditanyakan oleh Gmail apabila Anda lupa password. Gunakan pertanyaan dengan jawaban yang Anda ingat. Misalnya apa binatang kesayangan saya
  • Answer: Adalah jawaban dari pertanyaan security Anda. Anda harus menjawab dengan kata yang Anda masukan disini, barulah Gmail memberikan password Anda.
  • Secondary email: Alamat email Anda yang sedang aktif. Tidak harus diisi. Hanya digunakan pada bila Anda lupa password.
  • Location: lokasi Anda (Indonesia)
  • Word verification: ketikan huruf pada gambar
  • Term of service: Anda dapat membaca aturan penggunaan Gmail disini
Langkah ketiga, setelah mengisikan seluruh informasi yang diminta, tekan tombol “I accept. Create my account”. Selamat. Akun email baru Anda telah selesai dibuat. Klik link “I’m ready. Show me my account” pada sebelah kanan untuk masuk ke akun gmail baru Anda.

Anda dapat menggunakan email baru anda untuk mendaftar ke newsletter iMemovaz.Com. Kami akan mengirimkan artikel-artikel terbaru langsung ke email Anda. Daftarkan email baru Anda ke newsletter kami dibawah ini:

SUBSCRIPTION


You Might Also Like :


26 Comments:

Dailynomous said...

makasih atas inponya yah ..

Warna Tulisan said...

sayapu mempergunakan Gmail sahabat, salam

KiosApp said...

nice info gan,, saya pake gmail sebagai email utama.. :)

informasi said...

makasih infonya sangat bermanfaat :)

Abdul Sidik said...

saya pake yahoo terus sich, jadi baru tau gmail secara detail disini, terus gan kalau gmail memiliki layanan jawaban otomatis ga? misalnya kalau kita sedang diluar kota atau kantor...

Teras Info said...

saya pake gmail kalau bikin email...
lebih mantabs...he..he..

terimakasih bnyak atas infonya..

Unknown said...

gmail emang asyik kawan... salam blogger....

Kang Epot said...

bagi orang yang mempunyai blog, dah pastinya harus membuat email di gmail....yah dah sharusnya tau caranya.... apalagi sobat menjelaskannya secara mendetil disini, menjadi satu pengetahuan yang baik sekali.... :)

iNotes said...

@Brigadir Kopi: Yup gan, thanks dah ninggalin komen :)
@Warna Tulisan: Pasti boz, kan blogger sejati :)
@stroomz: Sama bos, secara gmail jarang ada spam masuk :)
@informasi: sama2 gan, thanks dah mampir :)
@Abdul Sidik: Auto reply ada boz, bs pke tampilan html jg
@Teras: Yup, hasil search email lbh tepat.
@mariokom: Betul sob, apalagi kapasitasnya :)
@Kang Epot: Yup, untuk para blogger pastinya udh tau :D

Filsafat said...

Bnr sob, infonya bagus !
Tapi gimana sih cara membuka tautan pada gmail lewat hp ?
Biasanya kalo di yahoo itu kan bisa, tp ko di gmail gmn caranya ya ? Maklum msh gaptek. Hehe

iNotes said...

@Filsafat: Maksudnya tautan apa nih sob?

Little Knowledge said...

nice info . i use gmail .

Gaosur Rohim said...

Maksudnya kalo di yahoo kan bisa di klik, tpi di gmail ko nggak bisa ya Mas ?

donkissotes said...

alow ime..tr ksh dah share...thx for visiting

masdar said...

gan..nanyanih....kalo gmail ga' bisa dibuka...padahal kita sudah turuti perintah untuk masukkan nomer hp/telp..tapi tetap ga' bisa bibuka & ga' ada balasan... kalo ada caranya tolong tampilkan di artikel aja...

iNotes said...

@Filsafat : Ohh pke HP ya? coba pke aplikasi gmail. Donwload cari di http://m.google.com or pke pushmail di hp langsung. Ntar artikelnya ku posting lg caranya. Blm sempat nulis ini:)

@masdar : Km sebelumnya lupa password ya? coba perbaiki account anda di sini https://www.google.com/accounts/recovery dan ikuti petunjuk2nya dgn benar :)

Rizky2009 said...

saya juga suka menggunakan akun gmail, lebih mudah dan lebih nyaman menurut saya ketimbang yang lain, sekalian setoran dan follow

Jupe37 said...

wah si bos update terus nih ceritanya...

media update said...

Informasi detail...memang kalo tidak mengerti juga kurang tahu detail yang ada dari Gmail...sukses gan

iNotes said...

@Rizky2009, @Zigenz, @media update: Terima kasih sdh bersedia mengomentari artikel ini. :)

Prapatan Kertek said...

Makasih sob atas masukkanya bisa jadi referensi kedepannya....salam blogger selalu..!!!

WINTOP said...

makasih gan infonya.
berkunjung juga ya ;)
sukses selalu

B.S.U. said...

Nih yahoo vs gmail.. lebih aman pake gmail....

pengalaman gan....

facebook ane yang pake yahoo sering di hack.. tapi semenjak pake gmail... hushh,, hacker pun pada ga bisa..

Sahili said...

Sebenernya yang susah itu saat verifikasi kata itu lho gan...
ga kliatan

Harto said...

trims atas ilmunya, semoga sukses selalu n TETAP SEMANGAT

makassarapple.web.id said...

gmail isthe best......

Post a Comment