SEARCH HERE

25 January 2011

Alamat Internet Akan Habis Dalam Beberapa Minggu


5:39:00 PM | ,



Dalam beberapa minggu, dunia akan kehabisan alamat internet, menurut salah satu pendiri web "Vint Cerf" dalam sebuah laporannya hari Jumat lalu.

Vint Cerf, yang membantu menciptakan web dengan menghubungkan komputer menggunakan alamat Internet Protocol (IP), mengatakan bahwa Internet saat ini hanya dapat menampung 4,3 miliar alamat. Cerf menyebutkan kalau alamat ini akan terpakai seluruhnya dalam beberapa minggu ke depan.

"Saya pikir itu adalah percobaan dan saya berpikir bahwa 4,3 miliar akan cukup untuk melakukan percobaan," kata Cerf, yang juga wakil presiden Google dan "Chief Internet Evangelist", seperti dikutip dalam sebuah wawancara. "Siapa yang tahu berapa banyak ruang alamat yang kami butuhkan?". Pada tahun 1977, Cerf menciptakan web protokol IPv4, yang menghubungkan komputer secara global, sebagai bagian dari percobaan saat bekerja dengan Departemen Pertahanan AS. Dia mengatakan bahwa dia tidak pernah menyangka eksperimennya "tidak akan berakhir".

"Ini tidak berarti berhenti jaringan, itu hanya berarti Anda tidak bisa membangun dengan sangat baik," kata Cerf.

Alamat protokol Internet berupa urutan angka-angka. Angka-angka itu unik pada setiap komputer atau perangkat lain--termasuk ponsel dan perangkat bergerak lainnya yang terhubung ke internet. Peningkatan jumlah perangkat yang terhubung ke Internet inilah yang menyebabkan percepatan habisnya alamat protokol. Bukan hanya komputer dan ponsel, televisi yang terhubung ke Internet pun mulai tersedia di beberapa negara. Alamat protokol Internet ini berbeda dengan alamat situs web. Alamat situs web dikenal dengan "nama domain". Alamat IP yang unik urutan nomor ditetapkan bagi setiap situs, komputer atau perangkat internet-terkait lainnya. Mereka tidak sama dengan nama domain situs Web.

Menurut Cerf, untuk mengatasi krisis ini, protokol baru IPv6 sedang dipersiapkan. Alamat IP baru ini dapat menciptakan triliunan alamat internet. Saat ini, IPv6 sudah dapat bekerja di semua sistem operasi besar meskipun belum seluas IPv4.

(Sumber: Discovery News)


You Might Also Like :


6 Comments:

aryadevi sudut kelas said...

iya..semakin panjang saja perjalanan si IPv4 ini ^_^..sebentar lagi kita sambut adiknya IPv6 yang lebih luwex...luwes

iMemovaz said...

Betul bgt,hehehe.. thanks udh mampir :D

thupanx said...

kudu cepet2 beralih gak gan?

iklan said...

Waduh cepet sekali habis ya. sob. Thank Infonya

Abdul Sidik said...

ini berarti menunjukkan bahwa kedepan semakin potensial saja berbisnis diinternet.

iMemovaz said...

Iya betu sekali mas abdul..
mari kita kembangkan bisnis online sebelum ketinggalan jauh,hehehe.. :) thanks udh mampir komen. @all

Post a Comment